Kebun Raya Jompie

0
83
Taman Palem Kebun Raya Jompie Parepare

Kota Parepare adalah salah satu dari sedikit kota yang ada di Sulawesi yang menawarkan  wisata hutan kota. Di lokasi wisata ini terdapat banyak jenis tumbuhan langka yang sudah berusia sangat tua. Pohon-pohon jati dan cenrana angsana tua dan berukuran besar dengan akar panjang teruntai dapat dijumpai di kawasan hutan seluas sekitar 13,5 Ha. Tersedia pula fasilitas peristirahatan sepanjang pedestrian ketika anda ingin menikmati kesegaran udara atau sekadar ingin duduk di tengah rimbun hijau pepohonan hutan dan mendengarkan kicau berbagai jenis burung yang ada di hutan ini.

Hutan kota ini berada di area perbukitan dan lembah-lembah. Puncak bukit dalam kawasan wisata ini menawarkan pemandangan sebagian besar kota Parepare yang berada di pesisir teluk. Hutan Kota Jompie juga menyediakan berbagai fasilitas lain yang mendukung berbagai aktivitas wisata. Dari pusat kota anda naik angkot Jurusan Soreang atau menyewa jasa motor ojek dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Kebun Raya  Jompie untuk dilakukan pembenahan di bawah pengawasan Kebun Raya Bogor, bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di bawah pengelolaan Pemkot Parepare, Kebun Raya Jompie akan dikelola dengan manajemen yang baik dan profesional dan akan dilakukan inovasi dalam pengembangan ke depannya.

Di Indonesia, hanya ada dua kota yang memiliki kawasan hutan kota alami yang luas, yaitu kota Bogor dan Parepare. Jika kebun botani Bogor, Jawa Barat luasnya mencapai 87 hektare dengan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya Jompie ada hutan kota seluas 13,5 hektare yang juga menjadi pusat koleksi dan konservasi tumbuhan kawasan pesisir Wallacea, dengan menonjolkan konsep keanekaragaman tumbuhan obat, tumbuhan adat, dan ethobotani.

Data Tim Analisis Vegetasi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap, Kebun Raya Jompie memiliki 90 jenis tumbuhan tropis yang langka berasal dari 81 marga tumbuhan.Sebanyak 7 jenis, di antaranya telah teridentifikasi secara lengkap. Sepuluh jenis baru diketahui marganya, dan tiga jenis baru teridentifikasi sampai pada tingkat suku. Beberapa di antaranya diketahui sebagai tumbuhan langka.

Dalam kawasan kebun raya ini tak hanya menghadirkan berbagai jenis tumbuhan. Namun juga menghadirkan berbagai sarana seperti taman, kolam renang, kolam habitat air tawar, 14 unit tempat istirahat, area perkemahan, ruang pertemuan, menara untuk melihat pesisir Kota Parepare dan spot alami menarik untuk berfoto.